Rabu, 20 Agustus 2008

Lomba Baca Puisi

Senin, 4 Agustus 2008 lomba Pembacaan Puisi Tingkat SLTP dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan tahun 2008 sedang berlangsung. Lomba Pembacaan Puisi ini diberi sambutan langsung oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan Bapak Drs. B. Trisman, M.Hum. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Lomba Pembacaan Puisi Tingkat SLTP ini merupakan ajang kreatifitas dan pembelajaran siswa agar mereka dapat mengapresiasikan puisi dengan sebaik-baiknya.

Lomba ini diikuti oleh 29 peserta dari SLTP Se-Sumatera Selatan. Masing-masing peserta membacakan satu puisi wajib dan satu puisi pilihan dari empat puisi yang disediakan panitia. Peserta sangat bersemangat dan antusias sekali dalam membacakan puisi. Mereka mempunyai teknik dan apresiasi pembacaan puisi yang berbeda-beda, sehingga kita dapat melihat daya kreatifitas, pemahaman dan imajinasi mereka dalam membacakan puisi.

Tidak kalah pentingnya juri lomba adalah juri yang sudah berpengalaman di bidang pembacaan puisi, di antaranya: Anto Narasoma, Anwar Putra Bayu dan Jaid Saidi. Ketiga juri tersebut selain akan menentukan pemenang lomba dari juara I, II, III dan harapan I, II, dan III juga memberikan pengarahan tentang bagaimana cara atau teknik pembacaan puisi yang baik.

Lomba Pembacaan Puisi Tingkat SLTP berjalan dengan lancar mulai pukul 09.00 sampai 12.00. Keputusan pemenang lomba yang telah diputuskan, langsung dibacakan oleh salah satu juri yaitu Anto Narasoma. Pemenang lomba pembacaan puisi adalah sebagai berikut:

Juara I dengan total nilai 266, nomor undi 28 diraih oleh Wulan dari SMP Kartika 2-1. Juara II dengan total nilai 247, nomor undi 17 diraih oleh Dian Firdiyanti dari SMPN 9 Palembang. Juara III diraih oleh Bebbi Arisya dengan total nilai 243, nomor undi 5 dari SMPN 6 Kayuagung. Sedangkan untuk Juara Harapan I diraih oleh Olive Mutiara Alzena dari SMPN 9 Palembang dengan total nilai 234, nomor undi 16. Juara Harapan II diraih dengan no undi 12, total nilai 228 dengan nama Rahma Putri Utami dari SMPN 24 Palembang. Dan sebagai Juara Harapan III adalah Ria Mayanti dengan nomor undi 8, total nilai 226,5 dari SMPN 6 Kayuagung.

Masing-masing juara akan mendapatkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan dari Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan yang akan diberikan pada saat acara penutupan Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2008 pada tanggal 22 Oktober 2008. (am)

Tidak ada komentar: